Kain Drill Untuk Bahan Baju Seragam PDL

Hanya dengan melihat tekstur permukaannya saja, kita pasti sudah tahu jenis kain yang digunakan untuk baju seragam PNS. Kain yang dipintal dengan kuat, tekstur bergaris diagonal, dan lembut. Karakteristik yang paling menggambarkan kain drill. Jenis kain yang sangat cocok untuk baju seragam kantoran karena tampilannya yang elegan.
Kain drill memang seakan sudah menjadi standar bahan untuk membuat baju seragam. Entah seragam untuk pegawai pemerintah, pegawai kantoran, atau pekerja lapangan seperti kontraktor. Kain drill selalu menjadi pilihan untuk baju seragamnya. Tapi apakah semua baju seragam menggunakan kain drill yang sama? Belum tentu, karena kain drill sendiri tersedia dalam berbagai jenis.

Japan Drill

Kain drill yang paling terkenal dan banyak digunakan untuk pembuatan seragam kantor, seragam kerja lapangan, kemeja, topi, jaket, rompi, dan lainnya. Japan drill memiliki serat benang yang tebal, namun bahannya tetap adem karena mampu menyerap air dengan baik.

Kelebihan lain japan drill adalah warnanya tidak mudah luntur dan memiliki konsentrasi katun yang tinggi. Salah satu merk japan drill yang paling terkenal adalah Nagata Drill.

Hisoft Drill

Jenis kain drill yang tidak terlalu banyak dikenal, tapi hisoft drill memiliki kualitas yang sedikit lebih baik dibanding Japan Drill. Hisoft drill memiliki tekstur yang mirip dengan Japan Drill, namun lebih lemas dan lembut. Konsentrasi katun pada hisoft drill juga lebih banyak sehingga akan lebih nyaman saat dipakai.
Hisoft drill banyak digunakan untuk pembuatan kemeja, seragam, topi, rompi, jaket almamater, dan blazer.

American Drill

Bahan American Drill
Jenis kain drill yang sama lembut seperti japan drill, hanya saja lebih kaku. American drill juga terbuat dari campuran katun dan polyester dengan serat yang lebih kecil dari japan drill. Seperti bahan drill lainnya, american drill memiliki tekstur yang halus, serta dapat menyerap air dengan baik sehingga adem saat dipakai. Tapi secara kualitas dan harga, american drill memang di bawah japan drill.
Sebagai bahan alternatif, american drill tetap cocok untuk digunakan dalam pembuatan baju seragam, kemeja kantor, topi, rompi, blazer, dan jas. Salah satu merk american drill yang terkenal adalah Verlando.

Twist Drill / Twill Drill

Jenis kain drill dengan kombinasi polyester yang lebih banyak dari bahan katunnya. Teksturnya tidak selembut kain drill lainnya dan tidak mudah menyerap air. Twist drill memiliki serat yang kecil dan warna yang mengkilap, lebih cocok digunakan untuk pembuatan vest atau rompi, jas, jaket formal, dan blazer.
Twill Twist Drill
Umumnya bahan drill terdiri dari katun dan polyester, hanya berbeda pada ketebalan serat kain dan kelenturan bahan saja. Kegunaannya juga sama, kain drill selalu digunakan dalam pembuatan kemeja, baju seragam, jaket formal, jas, dan blazer.

Taipan Drill

Jenis kain drill yang selalu digunakan untuk pembuatan baju seragam PNS, dengan pilihan warna cokelat khaki. Taipan drill dibuat dari campuran 70% katun dengan 30% teteron sehingga dapat menyerap air dengan baik, serta memiliki permukaan yang halus. Taipan drill juga lentur dan tidak mudah kusut jadi nyaman saat digunakan.
Tropical Drill
Selain untuk seragam PNS, taipan drill juga menjadi standar bahan untuk baju dinas pemerintahan dan baju seragam aparat. Taipan drill dianggap salah satu jenis drill dengan kualitas terbaik.
Recommended Posts × +

1 komentar: